Artikel

Tribute to Prof. Ambyo

Bagi mereka para senior yang berkecimpung di dunia pertambangan Indonesia, siapa yang tak kenal Prof. Dr. Ir. Ambyo Mangunwidjaya. Beliau adalah seorang Guru Besar Jurusan Pertambangan ITB, satu dari sekian sesepuh praktisi pertambangan yang masih ‘sugeng’ (hidup) yang belum lama ini merayakan usianya yang menginjak 80 tahun. Tepatnya pada tanggal 29 Juli yll. Ketika mendengar beliau menderita sakit, beberapa orang mantan muridnya berinisiatif menggalang dana sebagai tanda kasih kepada gurunya saat murid-muridnya itu masih menjadi mahasiswa dulu, dengan melibatkan segenap alumni yang berasal dari ITB, UPN “Veteran” Yogyakarta dan Unsri.

Pagi ini, bertempat di café Daily Bread, Epicentrum Walk Kuningan Jakarta, tali asih itupun diserahkan kepada Prof. Ambyo yang hadir bersama istrinya. Teriring balasan ucapan terima kasih tak terhingga yang terbata-bata disampaikan oleh ibu Ida Ambyo. Prof. Ambyo sendiri sudah tidak banyak berkata-kata walaupun dari tatapan matanya dan aura wajahnya masih terpancar semangatnya yang seolah tak ingin berhenti berkiprah dalam dunia pertambangan di Indonesia.

Prof Ambyo Mangunwidjaya adalah sosok yang sarat pengalaman. Sekian lama berkiprah sebagai dosen di ITB hingga menjadi seorang Guru Besar, beliau juga sangat berperan dalam membangun Jurusan Pertambangan di UPN “Veteran” Yogyakarta. Pernah diangkat menjadi Staf Ahli Menteri Pertambangan dan Energi waktu itu dan menjadi Direktur Utama PT Bukit Asa