Artikel

Freeport Jadi Kluster Baru

Sebanyak 51 orang positif Covid 19 di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika. Papua, areal PT Freeport Indonesia. Kejujuran pekerja sangat penting untuk mencegah penularan Covid 19.
JAYAPURA, KOMPAS – Distrik Tembagapura menjadi salah satu kluster penyebaran virus korona jenis baru di Kabupaten Mimika. Total akumulasi kasus pasien positif Covid-19 di Tembagapura. yang merupakan areal tambang PT Freeport Indonesia, sudah mencapai 51 orang hingga Minggu (3/5/2020).
Juru bicara Satuan Tugas Pengendalian, Pencegahan, dan Penanganan Virus Korona Provinsi Papua, Silwanus Sumule, di Jayapura, mengungkapkan, terjadi penambahan jumlah kasus positif di Tembagapura yang signifikan dalam beberapa hari terakhir. Terakhir 19 kasus positif dari Tembagapura, Sabtu (2/5).
“Ada transmisi lokal penyebaran virus korona baru di Tembagapura,” kata Silwanus.
Ia menuturkan, tidak semua pasien positif Covid-19 dirawat di Rumah Sakit Tembagapura. Pasien positif yang tanpa diiringi gejala menjalani isolasi mandiri di ruangan khusus yang disediakan perusahaan.
“Kami terus berkoordinasi dengan manajemen PT Freeport Indonesia dan Rumah Sakit Tembagapura untuk penanganan para pasien. Menurut rencana, mereka menyiapkan alat pemeriksaan PCR eli rumah sakit tersebut,” tuturnya. Ia memaparkan, tidak ada penambahan jumlah kasus pasien positif virus korona di Provinsi Papua hingga Minggu ini. Jumlah akumulasi kasus positif masih 240 orang.
Wakil Presiden Komunikasi Korporat Freeport Indonesia Riza Pratama mengatakan, Freeport bekerja sama dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika sejak awal Maret 2020. Adapun upaya mitigasi Freeport, antara lain, larangan masuk dan bepergian kepada karyawan yang melakukan perjalanan dari dan ke negara-negara berisiko tinggi, mewajibkan pemeriksaan suhu tubuh setiap karyawan saat memasuki area kerja, memaksimalkan pembatasan interaksi fisik, serta menutup seluruh akses ke Tembagapura sejak 26 Maret 2020.
“Seluruh kegiatan operasional pengangkutan logistik ke Tembagapura tetap berjalan seperti biasa agar kebutuhan pokok terpenuhi,” ucap Riza.
Manajer Komunikasi Korporat Freeport Indonesia Kerry Yarangga di Mimika menambahkan, Freeport akan menyiapkan peralatan pemeriksaan PCR di RS Tembagapura.
“Dengan alat PCR, hasil pemeriksaan pasien yang terin-dikasi korona di Tembagapura dapat diketahui lebih cepat. Selama ini seluruh sampel usap tenggorokan dari Tembagapura harus dikirim ke Laboratorium Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Papua di Jayapura,” tutur Kerry.
Kejujuran pekerja
Di Surabaya, Jawa Timur, kluster pabrik rokok, yang berawal dari dua pekerja positif Covid-19 lalu menularkan kepada 30 orang lain, menunjukkan, kasus di kawasan industri, terutama padat karya, bisa menjadi penular super (su-
perspreader). Pengusaha dan pekerja wajib terus mengikuti protokol kesehatan di tempat kerja dan mengutamakan kejujuran kondisi kesehatan.
Dosen Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Air-langga, Atik Choirul Ilidajah, mengatakan, protokol kesehatan di tempat kerja wajib ditaati pengusaha dan pekerja. Kejujuran pekerja terhadap riwayat penyakit harus diutamakan karena ada pasien Covid-19 yang tanpa gejala atau hanya mengalami gejala ringan.
”Jika ada pekerja yang harus menjalani karantina mandiri, jangan kembali bekerja dan berbohong dia baik-baik saja karena berpotensi menjadi sumber penularan transmisi lokal,” katanya. (FLO/SYA)