Artikel

IKATA UPN-RSPAU Baksos Operasi Katarak

DALAM rangka dies natalis ke-60, Ikatan Alumni Tambang (Ikata) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) berupa operasi mata katarak secara gratis. Baksos tersebut bekerjasama dengan klinik Seruni dan RSPAU dr S Hardjolukito yang dilaksanakan Minggu (11/11) pagi.

Kegiatan operasi itu diutamakan untuk masyarakat golongan tidak mampu dan tak mempunyai jaminan kesehatan di seluruh wilayah DIY dan Jawa Tengah. Sebanyak 194 pasien katarak sejak pagi telah mengantri untuk menjalani tindakan operasi.

Ketua Ikata Ir Joko Kus Sulistyoko mengatakan, baksos ini diselenggarakan guna mewujudkan rasa berbagi dan kepedulian terhadap sesama. Sekaligus menekan angka penderita sakit katarak di Yogyakarta.

“Skrinning pemeriksaan katarak sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Dari jumlah pendaftar sebanyak 800 orang,akhirnya diputuskan yang menerima tindakan operasi sebanyak 194 orang,” terang Ir Joko.

Ditambahkannya pula, bahwa kegiatan baksos operasi mata katarak yang mendapat perhatian dan apresiasi positif dari masyarakat ini akan dijadikan agenda rutin setiap tahunnya. Diharapka dengan kegiatan itu dapat memberikan bantuan kepada masyarakat penderita katarak yang kurang mampu untuk dapat melihat secara normal kembali.

Sedangkan, Kepala RSPAU dr S Hardjolukito Marsekal Pertama (Marsma) TNI dr Isdiwiranto menjelaskan, sebagai wujud apresiasi serta dukungan terhadap kegiatan baksos operasi mata katarak kali ini, dirinya telah menyiapkan beragam fasilitas guna memperlancar kagiatan tersebut. Pihaknya telah menyiapkan sebanyak 20 dokter ahli, ruang operasi beserta seluruh peralatan yang modern dan sejumlah perawat untuk mendukung seluruh kegiatan baksos kali ini.

“Kegiatan baksos ini juga menjadi bagian dari tugas pokok TNI selain perang, sesuai UU TNI nomor 34 tahun 2004, yaitu membantu rakyat,” tegas Marsma Isdiwiranto.

Dirinya juga mengatakan, bahwa RSPAU senantiasa memberi dukungan penuh pada setiap kegiatan bakti sosial. Dia menilai dengan baksos TNI AU dapat membantu meringankan beban masyarakat aspek kesehatan. “Bersama rakyat yang sehat dan sejahtera, maka TNI akan semakin kuat” tandasnya. (Fin)

 

Berita dimuat di  Harian Merapi

https://www.harianmerapi.com/news/2018/11/12/41727/ikata-upn-rspau-baksos-operasi-katarak