Artikel

Peneliti UPNVY Raih The Best Paper Award di UKM Malaysia

JOGJA, Radar Jogja – Makalah Tim Peneliti Indonesia yang diketuai dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Yogyakarta (UPNVY) Dr Puji Lestari, terpilih sebagai satu dari lima karya
ilmiah (paper) terbaik dalam Konferensi Internasional Komunikasi dan Media (Mention 2019) di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) di Hotel Tenera, Bangi, Selangor, Selasa-Kamis (19-21/11).

Mereka berhak menerima sertifikat Best Paper Award yang diserahkan Guru Besar UKM Prof Dr Normah Mustaffa, dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Kemanusiaan UKM Prof Dr Kadarudin Ayub. Karya ilmiah terpilih dari 120 paper yang dipresentasikan pada pertemuan internasional dua tahunan di UKM Bangi. Karya Ilmiah berjudul ”Communication of Local Government Organization in the Disaster Mitigation of Mount Sinabung Eruption in Indonesia” ini, ditulis oleh Dosen Prodi Ilmu Komunikasi dari UPNVY Dr Puji Lestari, Universitas Moestopo Prof Dr Rajab Ritonga, dan STIK Inter Studi Dr Poppy Ruliana, dan Mahasiswa UTY Catrinadia Christie Barus.
Dr Puji menyampaikan karya ilmiah ini tentang model komunikasi yang bisa diterapkan pemerintah daerah dalam melakukan mitigasi bencana di wilayahnya. Penelitian dilakukan di Karo, Sumatera Utara yang sering mengalami letusan Gunung Sinabung. Model komunikasi bencana yang disampaikan pada konferensi itu pada dasarnya dapat digunakan di setiap daerah rawan bencana di Indonesia maupun di negara lain.

”Menekankan pada efektifitas unsur komunikasi : Source-Message-Channel-Receiver yang dilakukan para pemangku kepentingan di daerah rawan bencana untuk dioperasikan setiap saat begitu ada tanda-tanda bencana yang disampaikan oleh pengamat gunung berapi yang
bertugas,” ujar Dr Puji di Kampus UPNVY, Sabtu (23/11).

Puji menuturkan, agar model itu efektif, maka harus dilakukan simulasi antar pemangku kepentingan, sehingga mereka tidak tergagap saat bencana alam terjadi kapanpun. (*/fj)