Artikel

Profil Orias, Eks Wadirut Freeport yang Jadi Bos Holding Tambang

Jakarta – Orias Petrus Moedak resmi dilantik menjadi direktur utama holding tambang MIND ID. Hal tersebut ditandai dengan penyerahan surat keputusan (SK) yang dilakukan oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjatmadja di Kementerian BUMN pagi ini, Senin (25/11/2019).

Sebelumnya, Orias merupakan wakil Direktur Utama PT Freeport Indonesia. Sebelum itu, pria kelahiran Kupang, 26 Agustus 1966 ini malang melintang di sejumlah BUMN.

Orias pernah menjabat Direktur Keuangan Inalum. Selain itu, pria lulusan Jurusan Akuntansi Universitas Padjajaran tersebut, juga pernah menjadi Direktur Keuangan di PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Orias juga pernah menjabat sebagai CEO PT Pelindo III dan CFO di PT Pelindo II. Karir Orias lama di pasar modal, pernah menjadi Managing PT Danareksa Sekuritas dan Presiden Direktur PT Reliance Securities Tbk (RELI).

Pasca dilantik, Orias mengatakan salah satu tugas yang harus dia selesaikan adalah mengambil alih 20% saham divestasi PT Vale Indonesia Tbk. Pengambilan saham ini harus selesai pada akhir tahun ini.

“(Pesan dari Kementerian BUMN) ya jalankan amanah, apa yang sudah ada kita lanjutkan. (Spesifiknya) seperti penyelesaian Vale,” katanya.

Menurutnya penyelesaian divestasi saham Vale merupakan tugas yang besar. Sementara tugas-tugas lainnya adalah melanjutkan apa yang sudah dikerjakan seusai visi-misi Inalum atau MIND ID.

“Vale-nya yang besar ya. Hal-hal lain melanjutkan yang sudah ada sesuai dengan visi-misi Inalum,” ungkapnya.