Artikel

Sinergi Peran Alumni Terhadap Institusi

Saat ini Jurusan Teknik UPN Veteran Yogyakarta telah memperoleh predikat dengan Akreditasi A. Predikat yang didapatkan ini melalui perjalanan yang lama dan bertahun tahun. Komponen yang mendukung dari perolehan tersebut didukung oleh tata kelola, sumber daya manusia dari dosen dan tendik, mahasiswa,  dukungan dari stake holder dan alumni. Saat ini struktur organisasi di kampus telah mengalami perubahan dengan dinaunginya 3 prodi ke dalam satu jurusan. Jurusan Teknik Pertambangan yang diketuai oleh Dr. Edy Nursanto terdiri Prodi Teknik Pertambangan S1 (Ir. Wawong Dwi Ratminah, MT), Prodi Teknik Metalurgi (Ir. Anton Sudiyanto, MT), Prodi Magister Teknik Pertambangan S2 (Dr. Barlian Dwinagara)
Alumni yang dihasilkan oleh Jurusan Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta telah tersebar di seluruh penjuru Nusantara serta belahan dunia. Wadah organisasi yang menaungi dari alumni ini dinamakan Ikatan Alumni Tambang (IKATA). Peran dari alumni  terhadap pengembangan institusi sangat penting demi meningkatkan kualitas lulusan. Saat ini ketua IKATA UPN Veteran Yogyakarta periode 2017-2020 ialah Bapak Joko Kus Sulistyoko.

Bp. Joko Kus Sulistyoko
Bp. Joko Kus Sulistyoko

Sinergi antara alumni dan institusi ini telah diwujudkan dengan beberapa program IKATA diantaranya ialah melalui program tranfer ilmu lapangan ke dunia kampus melalui program Studium General (SG). Langkah ini dianggap cukup penting untuk sinergi antara teori yang ada di kelas dengan keadaan sebenarnya yang ada di kampus. Dalam kurun 5 bulan ini Jurusan Teknik Pertambangan bersama Himpunan Teknik Pertambangan didukung oleh IKATA telah mengadakan SG dari PT Freeport Indonesia, PT Modular Mining, PT Archis, Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral, PT. Nusa Halmahera Mineral, PT Dyno Nobel.
Salah satu kegiatan yang dilakukan sebagai contoh ialah dari PT. NHM. Melalui Bapak Rara Dodo Lawolo selaku Toraguci Mine Manager bersama para engineer yang lain dari PT NHM mengadakan kegiatan di kampus selama 2 hari. Hari pertama penyelenggaraan SG mulai dari pukul 09.00-17.00, sedangkan hari kedua ialah kegiatan expo mulai pukul 09.00-12.00 dengan membuat stand yang berisi peragaan keadaan di lapangan melalui video.


Antusias kehadiran mahasiswa dalam mengikuti acara ini terbilang cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari kursi yang tersedia di Gedung Fakultas Teknologi Mineral dengan kapasitas 200 selalu terisi penuh. Kegiatan seperti ini juga didukung oleh para dosen, dengan mengikutsertakan kuliah ke lokasi SG tersebut sesuai dengan tema yang berlangsung saat itu. Diskusi yang disajikan cukup interaktif dengan proses tanya jawab yang dikemukakan oleh para narasumber kepada mahasiswa.
Tujuan utama mereka datang kembali ke kampus diantaranya ialah untuk membagi ilmu kepada adik adiknya, serta melakukan promosi jika memiliki kegiatan pengembangan. Teknologi yang ada di lapangan saat ini sangat berkembang sangat pesat sehingga tambahan ilmu baru langsung di lapangan sangat dibutuhkan bagi mahasiswa. Selain itu beberapa alumni memberikan materi mengenai kiat kiat untuk menembus dunia kerja serta lowongan kebutuhan tugas akhir untuk mendukung penyusunan skripsi.
Kedatangan para Alumni dan Stakeholder ke kampus merupakan embun pagi yang bisa menyejukkan bagi para dosen. Hal ini menjadi kebanggaan bagi para dosen juga, karena menganggap jerih payah mendidik putri putri terbaik bangsa bisa berkembang lebih baik. Mereka kembali ke kampus sangat senang bangga, karena bisa langsung berinteraksi kembali dengan para dosen yang telah meng “gulo wentah” (mendidik) selama bertahun tahun demi mewujudkan output product yang unggul dan mampu bersaing.

 

Penulis Dr. Tedy Agung Cahyadi, IKATA 2003, saat ini sebagai dosen Jurusan Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta
Penulis Dr. Tedy Agung Cahyadi, IKATA 2003, saat ini sebagai dosen Jurusan Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta