Artikel

UNTR Peroleh Kucuran Pinjaman Senilai Ratusan Miliar Dari Anak Usahanya

duniatambang.co.id – PT United Tractors Tbk (UNTR) baru-baru ini mendapatkan kucuran pinjaman dari entitas anak usahanya yaitu PT Danusa Tambang Nusantara (DTN). Sebagai informasi, Danusa Tambang Nusantara merupakan perusahaan induk dari PT Agincourt Resources yang mengoperasikan tambang emas Martabe di Tapanuli, Sumatra Utara. UNTR mengempit porsi 60% saham Danusa Tambang Nusantara.

Pinjaman yang dikucurkan anak usahanya tersebut akan digunakan UNTR untuk keperluan modal kerja. Kucuran dana pinjaman tersebut senilai Rp 400 miliar. Dimana perjanjian transaksi keduanya dilakukan pada 29 April 2020 lalu. Pinjaman dari DTN tersebut merupakan fasilitas pinjaman berulang atau revolving dengan periode ketersediaan dana yakni dari 29 April 2020 hingga 29 April 2021. Selain itu, Pinjaman ini memiliki bunga JIBOR ditambah 1%. Sekretaris Perusahaan United Tractors Sara K. Loebis mengatakan bahwa pinjaman dari anak usahanya yaitu DTN ini merupakan hal yang menguntungkan bagi UNTR jika dibandingkan dengan perolehan pinjaman dari pihak lain.

UNTR sendiri saat ini memang tengah merambah bisnis tambang emas ditengah lesunya pasar batubara dan alat berat. Labih lanjut, entitas grup Astra ini tengah mengalami  penurunan realisasi produksi dan penjualan emas. Hal tersebut terjadi lantaran saat ini eksplorasi emas dilakukan ke area yang lebih dalam sehingga proses menjadi lebih panjang dan kandungan atau grade emas yang diproduksi pihaknya saat ini lebih rendah.

Sebagai tambahan informasi, pada tahun ini UNTR menargetkan dapat menjual emas  sebesar 360.000 ons hingga 370.000 ons emas melalui Agincourt Resources dari tambang emas Martabe. Dimana realisasi penjualan dan produksi emas hingga kuartal I 2020 lalu baru mencapai 95.000 ons. Dari sisi penjualan, jumlah ini menunjukkan penurunan secara persentase sebesar 8,65%.